Olahraga yang bagus untuk penderita rematik

Bagi orang yang sedang mengalami sakit rematik perlu mencoba olahraga yang bagus untuk penderita rematik berikut ini karena dipercaya bisa membantu mengurangi atau meringankan gejala dan rasa sakit rematik.

Olahraga yang bagus untuk penderita rematik

Rematik merupakan penyakit yang ditandai rasa sakit yang sangat luar biasa pada bagian sendi tertentu, seperti sendi jari tangan, sendi jari kaki, sendi pergelangan tangan, sendi pergelangan kaki, dan bagian sendi lainnya.

Penyakit rematik perlu lebih diwaspadai oleh kaum hawa karena berdasarkan sumber yang saya baca wanita mempunyai resiko yang lebih besar mengalami rematik daripada laki laki pada usia 20 sampai 40 tahun.

Sebelum anda memutuskan untuk menemui dokter lakukanlah kegiatan olahraga berikut ini. Olahraga yang bagus untuk penderita rematik diantaranya adalah :

Olahraga yang cocok untuk penderita rematik yang pertama adalah berenang. Kegiatan olahraga dalam media air ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit rematik karena berdasarkan “Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa dengan berenang atau berolahraga dalam air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit pada sendi.

Olahraga yang bagus untuk penderita rematik yang kedua adalah bersepeda. Dengan olahraga bersepeda tentu sendi dan tulang akan terus aktif bergerak, dan hal itu sangat baik bagi semua orang khususnya penderita rematik karena bisa melatih kesehatan dan kekuatan sendi. Selain itu manfaat bersepeda bagi penderita rematik juga bisa mengurangi resiko terserangnya penyakit kardiovaskular.

Ternyata jalan kaki termasuk salah satu kegiatan olahraga yang bagus untuk penderita rematik karena dengan berjalan kaki bisa membuat sendi pada bagian kaki bisa lebih fleksibel jadi tidak kaku. Lakukanlah jalan kaki setiap hari pada waktu pagi hari saat sinar mentari pagi bersinar terang.

Itulah 3 macam olahraga yang bagus untuk penderita rematik ataupun nyeri sendi. Lakukan kegiatan olahraga tersebut sebiasanya saja, jangan pernah dipaksakan untuk terlalu lama karena tidak bagus untuk kesehatan. Dan perlu anda ketahui, olahraga yang cocok untuk penderita rematik yang disebutkan diatas hanya bisa mengurangi gejala rasa sakit rematik saja.

Baca juga : Obat rematik di apotik

Pentingnya melakukan olahraga bagi penderita rematik juga bertujuan untuk membantu mencegahnya sendi yang berbuah bentuk. Penderita rematik mempunyai resiko mengalami tendon dan ligamen yang melemah dan meregang dan jika hal tersebut terus menerus terjadi secara perlahan bisa merubah bentuk bagian sendi.

Untuk anda yang sedang mengalami masalah kesehatan pada sendi khususnya rematik selain sangat disarankan untuk rajin berolahraga, anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan berikut ini. Makanan yang akan disebutkan nanti dipercaya sangat bermanfaat bagi para penderita rematik.

Makanan yang bagus untuk orang yang sedang sakit rematik diantaranya adalah :

  • Buah jeruk
  • Buah melon
  • Buah apel
  • Tomat
  • Wortel
  • Susu dan yoghurt

Ada makanan yang bermanfaat untuk pasien rematik, ada juga makanan yang berbahaya bagi penderita rematik. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit rematik karena bisa menyebabkan rematik kambuh bahkan memperparah rematik diantaranya adalah :

Makanan pantangan rematik

  • Daging merah
  • Daging sapi
  • Daging kambing
  • Daging bebek
  • Jeroan hewan
  • Seafood
  • Sarden
  • Udang
  • Kerang
  • Kepiting
  • Ikan tuna
  • Dan sayuran hijau

Demikianlah artikel tentang olahraga yang bagus untuk penderita rematik dan juga makanan yang bermanfaat dan berbahaya bagi penderita rematik. Semoga setelah membaca artikel ini kita semua semakin waspada terhadap penyakit rematik.

Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Rematik

Mungkin Anda juga menyukai