Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu

Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu – Bagi penderita usus buntu jika setelah operasi sangat penting untuk memperhatikan pola makan. Ada makanan dan buah buahan yang di larang oleh penderita usus buntu (pantangan usus buntu), ada juga makanan yang dianjurkan agar bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit usus buntu.

Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu

Sebelum membahas lebih jauh tentang Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu, ada baiknya jika kita menyimak terlebih dahulu sedikit pembahasan tentang penyakit usus buntu berikut ini supaya kita semakin waspada.

Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu

Usus buntu bukanlah suatu penyakit, tetapi usus merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sebenarnya tidak diketahui fungsinya untuk apa. Sama seperti organ tubuh lainnya, usus buntu ini juga bisa mengalami masalah. Seseorang dikatakan menderita penyakit usus buntu jika organ usus buntu tersebut mengalami peradangan atau pembengkakan.

Peradangan yang terjadi pada usus buntu belum bisa dietahui secara pasti penyebabnya, tetapi para ahli meyakini bahwa adanya bakteri yang menginfeksi usus buntu merupakan  salah satu penyebab penyakit usus buntu. Selain itu faktor pola makan yang tidak sehat, sering telat makan, sembelit, terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, asam dan asin juga termasuk penyebab usus buntu.

Orang yang mengalami masalah pada usus buntu biasanya akan merasakan berbagai macam gejala, seperti sakit perut yang sangat luar biasa, Nafsu makan berkurang, Perut jadi kembung, Susah kentut, Timbul rasa mual dan muntah, Susah BAB atau Diarem, dan Demam.

Untuk mengatasi masalah pada usus buntu, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan usus buntu. Tentang saja, hilangnya usus buntu dalam tubuh tidak akan mempengaruhi kesehatan ko. Namun perlu di ingat bahwa operasi usus buntu juga beresiko menimbulkan efek samping, seperti infeksi pada luka operasi dan pendarahan, tapi anda tidak perlu risau karena efek samping dari operasi usus buntu tersebut sangat jarang terjadi.

Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu

Jika habis melakukan operasi, maka pasien penderita usus buntu memperhatikan pola makannya selama masa pemulihan. Ada beberapa jenis Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu. Pertama makanan yang tidak boleh di makan setelah operasi usus buntu adalah :

  • Makanan yang teksturnya kasar atau keras
  • Makanan yang pedas
  • Makanan yang asin
  • Makanan yang asam
  • Makanan yang dingin
  • Makanan yang berlemak

Sementara untuk makanan yang boleh dimakan setelah operasi usus buntu diantaranya adalah :

  • Makanan yang bertekstur lunak
  • Makanan yang berprotein
  • Telur rebus
  • Sayur sop
  • Sayur bening
  • Buah yang di jus

Itulah beberapa jenis Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu. Ingat jaga pola makan yang sehat dan seimbang agar proses pemulihan setelah operasi bisa semakin cepat.

Terima kasih atas waktu dan ketersedian anda berkunjung di website ini, semoga lekas sembuh – Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu

Mungkin Anda juga menyukai