Cara tradisional mengobati sakit gigi

Sakit gigi memang sangat menyiksa, bahkan seorang preman pun bisa merasa sangat kesakitan jika mengalami sakit gigi :D. Sebelum membahas cara tradisional mengobati sakit gigi, ada baiknya jika kita menyimak terlebih dahulu sedikit penjelasan tentang penyebab sakit gigi berikut ini.

Sakit gigi bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, mulai dari kurang menjaga kebersihan gigi, gigi yang membusuk, gusi bengkak, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, hingga panas dalam.

Seseorang yang sedang mengalami sakit gigi bisanya akan mempunyai gejala atau ciri seperti gusi bengkak, pipi bengkak, sakit kepala, demam, dan gigi terasa nyut nyutan. Untuk anda yang sedang mengalami sakit gigi seperti saya sekarang, anda bisa mencoba cara tradisional berikut ini untuk mengobati sakit gigi.

Cara tradisional mengobati sakit gigi

Cara tradisional untuk membantu mengobati sakit gigi yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Salah satu bumbu penyedap masakan yang satu ini dipercaya sangat berkhasiat bagi orang yang sedang sakit gigi, hal tersebut dipertegas dengan adanya buku yang berjudul Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd. Dalam buku tersebut penulis menyebutkan bahwa bawang putih mengandung antiseptik yang mampu membantu mengatasi masalah sakit gigi.

Untuk mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih caranya cukup gampang, kalian hanya perlu mengigit bawang putih (jangan sampai hancur) kurang lebih selama 5 menit. Setelah 5 menit, baru kumur kumur dengan air hangat atau air garam.

Cara kedua untuk mengobati sakit gigi secara alami adalah dengan memamfaatkan daun cengkeh. Berdasarkan sumber yang saya baca, daun yang bisa sering digunakan sebagai campuran bahan pembuatan rokok ini bagu untuk membantu mengobati sakit gigi.

Cara tradisional mengobati sakit gigi

Cara mengobati sakit gigi dengan daun cengkeh juga tidak terlalu sulit, yaitu cukup dengan menyediakan beberapa lembar daun cengkeh yang masih baik kondisinya, setelah itu cuci atau bersihkan daun cengkeh sampai bersih, kemudian seduh dengan air panas lalu diamkan beberapa saat, jika sudah diseduh hancurkan daun cengkeh dengan cara di peras dengan menggunakan kain. Air perasan daun cengkeh tersebut tuangkan ke dalam wadah, lalu ambil kapas dan basahi kapas dengan air perasan daun sengkeh, baru gigit pada gigi yang sakit.

Selain manfaat dari air perasan daun cengkeh, minyak dari daun yang satu ini ternyata juga sangat berkhasiat untuk membantu mengobati atau meringankan rasa sakit gigi, hal tersebut berdasarkan sumber dari Journal of Dentistry.

Cara pengobatan sakit gigi dengan minyak cengkeh cukup dilakukan dengan cara basahi kapas dengan minyak cengkeh, kemudian gigit pada gigi kalian yang sakit.

Tips tradisional untuk mengobati sakit gigi yang selanjutnya adalah dengan meminum teh hangat. Kenapa teh hangat bisa berkhasiat bagi penderita sakit gigi ? Menurut sumber dari buku yang berjudul Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch disebutkan bahwa teh panas mampu membantu membuang bakteri dalam mulut dan bisa meringankan sementara rasa sakit gigi.

Cara tradisional mengobati sakit gigi

Cara tradisional lainnya untuk mengobati sakit gigi adalah dengan getah jarak. Langkah langkah yang harus kalian lakukan untuk membantu mengobati sakit gigi dengan getah jarak adalah teteskan saja getah tanaman ini pada bagian gigi yang sakit. Cara kedua adalah dengan teteskan getah jarak pada kapas, kemudian gigit dengan gigi yang sakit.

Akar kangkung juga dipercaya bisa membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengolah akar kangkung menjadi obat tradisional sakit gigi sediakan dulu akar kangkung, cuka dan air. Setelah semua bahan bahan terkumpul, rebus akar kangkung dengan 1 gelas air yang sudah ditambahkan cuka kira kira setengah sendok. Tunggu sampai mendidih, dan jika sudah mendidih diamkan sampai hangat, kemudian anda kumur kumur dengan ramuan ini.

Mengobati sakit gigi secara tradisional juga bisa dengan memanfaatkan akar meniran. Meniran adalah tanaman herbal yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, daun meniran ini biasanya sering digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit ginjal, hepatitis, infeksi saluran kencing, dan disentri. Sementara untuk mengobati sakit gigi hanya akarnya saja yang digunakan. Caranya tumbuk akar meniran sampai halus, kemudian oleskan dengan kapas, setelah itu baru gigit kapas dengan gigi yang sakit.

Cara tradisional yang selanjutnya untuk mengobati sakit gigi adalah dengan sereh. Pertama sediakan daun sereh beberapa lembar yang masih bagus kondisinya, kemudian rebus dengan air, tunggu sampai air rebusan daun sereh mendidih dan berkurang setengahnya. Gunakanlah air rebusan daun sereh ini sebagai obat kumur untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi.

Cara tradisional mengobati sakit gigi yang terakhir adalah dengan menggunakan es batu. Kompreslah pipi anda pada bagian gigi yang sakit dengan es batu kurang lebih 5 sampai 10 menit. Penggunaan es batu sebagai cara untuk meringankan rasa sakit gigi terbilang cukup efektif.

Mungkin Anda juga menyukai