Bayi tidak BAB 3 hari normalkah

Bayi tidak BAB 3 hari normalkah dan apakah bayi tidak bab 5 hari berbahaya ? Perlu anda ketahui pada bayi  yang saat ini masih hanya mengkonsumsi ASI atau air susu ibu jika mengalami gejala siklus BAB yang seperti itu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter, terlebih jika disertai dengan perut bayi yang buncit.

Bayi tidak BAB 3 hari normalkah ?

Kenapa harus segera dilakukan pemeriksaan ke dokter jika bayi tidak BAB selama beberapa ? Itu karena dikhawatirkan bayi menderita hisprung. Apa itu hisprung ? Hisprung adalah suatu penyakit langka yang menyebabkan bayi tidak bisa BAB. Penyakit hisprung atau Hirschsprung Disease ini tentu sangat berbahaya jika tidak segera di tangani karena feses atau kotoran bayi yang terjebak dalam usus bisa membusuk sehingga bisa beresiko menimbulkan infeksi pada usus.

Bayi tidak BAB 3 hari normalkah ? Selain tidak BAB selama beberapa hari dan perut bayi membuncit, ada gejala atau ciri lain dari penyakit hisprung, seperti Muntah cairan hijau dan susah makan atau minum.

Untuk membantu mengatasi atau mengobati penyakit hisprung biasanya dokter akan menyarankan melakukan operasi. Operasi hisprung pada umumnya dilakukan dengan teknik pull-through. Operasi teknis seperti ini akan membuang bagian usus yang sakit, lalu akan menyambungkan kembali usus yang masih sehat. Operasi seperti ini biasanya untuk bayi yang sudah berusia 3 bulan.

Sama seperti operasi lainnya, operasi untuk mengobati penyakit hisprung ini juga mempunyai banyak resiko atau komplikasi, seperti perdarahan, infeksi pada usus, usus bocor, dan usus menyempit.

Bayi tidak BAB 3 hari normalkah ?

Selain karena penyakit hisrpung bayi yang susah BAB juga bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti misalnya saat peralihan dari ASI ke susu formula, mulai mengkonsumsi makanan padat, dehindrasi atau kekurangan cairan, hingga kondisi medis lainnya.

Bayi tidak BAB 3 hari normalkah ? Jika memang bayi anda mengalami masalah susah BAB, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membantu melancarkan kembali siklus BAB bayi, yaitu :

Posisikan bayi anda berbaring ditempat tidur dengan posisi yang nyaman, setelah itu anda pegang kedua pergelangan kakinya dengan perlahan lahan. Kemudian gerak-gerakan dengan perlahan kedua pergelangan kaki bayi anda, layaknya anda sedang mengayuh sepeda. Tips ini bisa anda lakukan untuk membantu merangsang usus besar pada bayi, sehingga dengan begitu kotoran yang terjebak bisa dengan mudah keluar.

Cara mengatasi susah BAB pada bayi yang kedua adalah dengan memberikan pijatan halus dan pelat pada bagian perut bayi. Saat memijay anda bisa menambahkan minyak kelapa yg sebelumnya sudah anda hangatkan. Cara seperti ini dipercaya bisa membuat ringan perut bayi sehingga BAB menjadi lancar.

Cara selanjutnya adalah dengan merendam bayi dalam air hangat. Anda bisa merendam bagian tubuh bayi dalam air hangat, hal tersebut dimaksudkan untuk membantu meringankan dan membuat perut bayi nyaman sehingga bisa lebih mudah BAB.

Cara yang terakhir adalah dengan memberikan bayi ramuan madu yang sudah di campur dengan air hangat. Ramuan seperti ini sebenarnya adalah ramuan kuno yang sudah dilakukan oleh orang tua zaman dulu untuk membantu melancarkan buang air besar bayi.

Seperti itulah cara alami untuk membantu mengatasi masalah susah BAB atau buang air besa pada bayi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda semua 🙂

Bayi tidak BAB 3 hari normalkah

Artikel ini dipersembahkan oleh :

QnC jelly gamat

Mungkin Anda juga menyukai